Rincian Biaya Kuliah dan Hidup di Turki dengan Detail

Negara Turki adalah negara yang menjadi mimpi banyak orang untuk kuliah serta hidup di sana. Namun, itu semua tentunya harus diperhitungkan dengan matang serta rinci. Biaya kuliah dan hidup di Turki tentunya tidak sedikit.

Rincian Biaya Kuliah dan Hidup di Turki

Berikut akan dipaparkan rincian hidup di Turki!

1. Biaya Kuliah

Hal pertama yang harus diperhitungkan yaitu dari segi biaya kuliah. Di Turki banyak sekali universitas atau perguruan tinggi yang bisa dimasuki. Tentunya setiap universitas memiliki biaya kuliah yang tidak sama. Untuk yang ingin kuliah di sana, bisa mencari informasi mengenai universitas impiannya mulai dari sekarang.

Biasanya untuk biaya kuliah di Turki antara mahasiswa lokal serta mahasiswa internasional akan dibedakan. Untuk mahasiswa dari Indonesia sendiri biaya kuliah satu semester bisa mencapai 5 sampai 9 juta rupiah per semester. Namun, belum termasuk untuk biaya pelatihan bahasa Turki.

2. Biaya Tempat Tinggal

Setelah mengetahui biaya kuliah, sebaiknya diperhitungkan pula untuk biaya tempat tinggal. Untuk biaya satu ini termasuk ke dalam kebutuhan utama atau primer. Karena, untuk hidup di sana pasti hal pertama yang dipikirkan adalah tempat tinggal. Ada beberapa opsi atau pilihan tempat tinggal yang ada di Turki.

Untuk meminimalisir pengeluaran, bagi yang ingin berkuliah bisa tinggal di sebuah asrama yang sudah disediakan. Umumnya, di asrama hanya akan memakan biaya sekitar TRY 300 sampai 500. Itu semua sudah termasuk dengan biaya makan dalam satu hari. Tetapi, harus mau satu kamar dengan orang yang asing.

3. Biaya Makan

Pada biaya kuliah dan hidup di Turki yang selanjutnya yang harus dipikirkan juga yaitu biaya makan untuk sehari-hari. Mungkin bagi yang tinggal di asrama, tidak perlu lagi memusingkan hal ini. Karena, sudah ditanggung oleh pihak asrama dan tidak perlu mengeluarkan biaya lagi.

Namun, bagi yang tinggal di rumah sewaan tentunya harus memikirkan hal ini. Terdapat dua opsi bagi yang tinggal sendiri, yaitu membeli sendiri atau memasak di rumah. Tentunya akan lebih hemat jika memasak sendiri di rumah. Biasanya di Turki, untuk biaya makan dalam satu bulan bisa mencapai TRY 600.

4. Biaya Komunikasi

Hidup di negara orang dan jauh dari keluarga tentunya akan sangat menyedihkan sekali. Satu-satunya cara untuk mengobati rasa rindu adalah dengan selalu berkomunikasi. Untuk komunikasi bisa dilakukan melalui media apapun, termasuk melalui ponsel. 

Tentunya biaya kuliah dan hidup di Turki dalam hal komunikasi harus diperhitungkan pula.  Mengingat untuk biaya komunikasi internasional tidaklah murah. Mahasiswa bisa menyisihkan sebagian uangnya untuk hal ini. 

Di Turki untuk biaya komunikasi bisa mencapai angka TRY 90 saja. Jadi, bisa dibilang cukup murah bila dibandingkan dengan biaya komunikasi di negara lain. Namun, tetap harus disisihkan agar bisa tetap berkomunikasi dengan keluarga.

5. Biaya Transportasi

Biaya kuliah dan hidup di Turki yang berikutnya yaitu dalam hal transportasi. Tidak mungkin kan jika ingin bepergian ke tempat-tempat yang di Turki harus jalan kaki. Tentunya harus menggunakan transportasi umum yang ada di negara tersebut. Apalagi, jika antara tempat tinggal dan kampus jaraknya cukup jauh.

Mahasiswa bisa menggunakan transportasi apa saja, bisa bus atau taksi. Namun, untuk lebih menghemat sebaiknya gunakan bus saja. Untuk tarif bus di Turki sendiri hanya TRY 1,5 saja dalam satu kali perjalanan. Namun, bisa juga menggunakan sebuah kartu bulanan bus agar lebih efisien dan praktis.

6. Biaya Belanja

Agar bisa bertahan hidup di Turki tentunya tidak hanya mengandalkan makan saja. Namun, ada beberapa kebutuhan lain yang harus dipenuhi. Mahasiswa harus bisa menyiapkan sebagian uangnya untuk membeli kebutuhan lain atau biasanya disebut dengan belanja bulanan.

Untuk belanja bulanan, kebutuhan yang dibeli yang biasanya untuk satu bulan habis. Seperti sabun, perlengkapan dapur, perawatan tubuh, serta kebutuhan lainnya. Untuk biaya yang satu ini tentunya bisa diperhitungkan sendiri. Karena, masing-masing individu tentunya memiliki kebutuhan bulanan yang berbeda-beda.

7. Biaya Hiburan

Sebagai seorang mahasiswa tentunya membutuhkan sebuah hiburan di setiap bulannya. Hal ini sangat dibutuhkan mengingat jam terbang seorang mahasiswa yang sangat tinggi. Supaya tidak terjadi kelelahan serta mengakibatkan depresi. Tentunya hiburan sangat dibutuhkan sekali oleh seorang mahasiswa. Hiburan yang dilakukan bisa dalam bentuk apapun.

Bentuk hiburan bisa pergi ke bioskop, menonton konser, pergi ke pusat perbelanjaan, atau hal lainnya. Dalam hal ini, mahasiswa bisa menyisihkan sebagian uangnya. Untuk satu kali hiburan bisa memakan biaya hingga TRY 15. Tentunya hal ini dilakukan sekali-kali saja dan bukan merupakan kebutuhan yang primer.

8. Biaya Jalan-jalan

Tidak lengkap rasanya jika sedang di suatu negara tidak menjelajahi negara tersebut. Apalagi, untuk yang sedang merantau. Tentunya, harus sekali-kali mencoba melakukan perjalanan ke tempat wisata di daerah tersebut. 

Hal ini bisa dilakukan sebagai pelepas penat dan bisa juga sebagai ajang mengetahui lebih dalam mengenai Turki. Terdapat banyak sekali tempat wisata di Turki yang bisa dikunjungi dengan bebas. 

Tentunya untuk dapat masuk kesana, harus mengeluarkan sedikit biaya. Tidak semua tempat wisata mematok tarif yang sama. Untuk perkiraan biayanya yaitu sekitar TRY 20 untuk satu kali masuk ke satu tempat wisata.

9. Biaya Kesehatan

Pada biaya kuliah dan hidup di Turki yang ini yaitu mengenai kesehatan. Biaya satu ini sering tidak terpikirkan oleh seorang mahasiswa. Padahal, hal ini sangat penting sekali dan harus dipikirkan juga. Karena, mengingat sedang di negara orang dan tidak ada satupun keluarga.

Untuk biaya kesehatan, mahasiswa bisa mendaftarkan sebuah asuransi jika memang mau. Tentunya akan lebih mudah dan terjangkau jika suatu saat dibutuhkan. Jadi, ketika suatu saat sakit bisa menggunakan asuransi tersebut. Mahasiswa tidak perlu lagi memikirkan biaya dan bisa fokus dengan kesehatannya.

10. Biaya Darurat

Mahasiswa juga harus melakukan perincian biaya kuliah dan hidup di Turki dalam hal dana darurat. Dana tersebut bisa digunakan pada saat tertentu saja dan tentunya saat darurat. Bisa dikatakan juga sebagai sebuah tabungan yang tidak bisa diambil sewaktu-waktu. 

Dana akan tetap utuh dan tidak akan terpakai untuk hal yang tidak penting. Dana atau biaya darurat ini bisa digunakan jika suatu saat tiba-tiba ingin pulang. Bisa juga kalau terjadi sesuatu yang tidak terduga di Turki. 

Jadi, mahasiswa tidak perlu pusing lagi memikirkan biayanya dari mana, karena bisa mengambil dari dana darurat tersebut. Untuk dana darurat, bisa menyisihkan uang sekitar TRY 30 per bulan.

Jadi itulah perkiraan biaya kuliah dan hidup di Turki bagi yang ingin meneruskan pendidikan di negara tersebut. Biaya di atas merupakan dalam bentuk mata uang turki, yang mana 1 TRY sebanding dengan 970 rupiah. Jadi, bisa diperkirakan sendiri berapa biaya yang harus dikeluarkan untuk hidup di Turki.

 

Leave a Reply

Your email address will not be published.